rss_feed

Desa Nakau

Jl. Raya Bengkulu Kepahiang KM. 10 Desa Nakau
Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu
Kode Pos 38385

mail_outline desanakau@gmail.com

  • ELVI FEBRIYANTI

    Kepala Desa

  • LUTFIE PERDANA PUTRA

    Sekretaris Desa

  • DWI THRESNA VAN FAJAR BUANA

    Kasi Pemerintahan

  • TRIONO

    Kasi Kesejahteraan

  • TAMRIN

    Kasi Pelayanan

  • DIMEI NINGSIH

    Kaur Tata Usaha Umum

  • REZA AGUNG PRABOWO

    Kaur Perencanaan

  • ELVA LERIANI

    Kaur Keuangan

  • HERNI SUMIATI

    Kepala Dusun 1

  • AGIL WARSONO

    Kepala Dusun 2

  • WISMALENTI

    Kepala Dusun 3

  • AMBO LEBBY

    Kepala Dusun 4

settings Pengaturan Layar

fingerprint

30 views

Pengunjung Hari Ini

12.45 %
Kemarin 241 views

router OpenSID 22.02

  • lock Login Aplikasi
    Halaman Administrator

  • print Layanan Mandiri
    Permohonan Surat, Cetak KK, dll

  • room Lokasi Kantor
    Desa Nakau

selamat datang di website sistem informasi desa nakau ,kantor desa nakau membuka pelayanan masyarakat hari senin s.d jumat pukul 08.00 WIB s.d 14 00. WIB
fingerprint
PROFIL DESA

18 Jun 2021 16:47:26 78 Kali

Profil Desa merupakan gambaran menyeluruh tentang karakter desa yang meliputi : Profil wilayah Desa, Profil masyarakat Desa,Profil Potensi desa,sejarah Desa, Sarana Prasarana Desa.

PROFIL WILAYAH DESA

Desa Nakau adalah Desa yang terletak di wilayah Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah, tepatnya bahwa Desa Nakau adalah merupakan desa yang menjadi pintu gerbang Kabupaten Bengkulu Tengah yang berbatasan langsung dengan kota Bengkulu.

Desa Nakau terletak pada koordinat 102,3330287 LU/LS dan -3,7841726 BB/BT yang sebelah utaranya berbatasan dengan Sungai Air Bengkulu dan Desa Harapan Makmur, sebelah selatan berbatasan dengan Cagar Alam, sebelah barat berbatasan dengan Kota Bengkulu/Kelurahan Surabaya dan sebelah timur berbatasan dengan Desa Taba Pasmah.

Wilayah Desa Nakau secara umum adalah daerah dataran yang sebagian wilayahnya awalnya adalah wilayah rawa atau struktur gambut meskipun sebagain wilayah terdapat perbukitan namun seiring waktu daerah rawa semakin berkurang dan telah menjadi wilayah perkebunan sawit dan sayur sedangkan wilayah perbukitan tanahnya menjadi bahan baku pembuatan bata.

PROFIL MASYARAKAT DESA

Masyarakat Desa Nakau masyarakat majemuk yang merupakan masyarakat pendatang yang berasal dari bermacam-macam suku diantaranya suku Jawa, Sunda, Batak, Serawai, Rejang, Bengkulu, Aceh, Palembang dan lain-lain.

Masyarakat Desa Nakau pada awalnya adalah masyarakat yang merupakan keluarga Polri yang ditempatkan melalui program Trans Voctra Polri pada tahun 1976 berdasarkan Surat Keputusan Kepala Daerah Kepolisian VI Sumatera Bagian Selatan Nomor. Pol. : SKEP/1166/X/1976 tanggal 1 Oktober 1976 tentang Penetapan Anggota Polri Untuk Melaksanakan Pemukiman di Daerah Bengkulu. Dapat dikatakan bahwa masyarakat Desa Nakau awalnya adalah para purnawirawan Polri.

Seiring waktu masyarakat Desa Nakau terus bertambah dari masyarakat yang bukan dari keluarga Anggota Polri atau keluarga purnawirawan Polri, bahkan saat ini sebagian besar warga Desa Nakau adalah merupakan anak dan cucu dari purnawirawan Polri serta dari masyarakat pendatang lainnya.

Meskipun masyarakat Desa Nakau ini bemacam-macam suku namun karena memasuki Desa Nakau ini sejak awalnya serentak sehingga menjadi suatu kesatuan yang kompak yang memiliki sifat kekeluargaan dan sifat gotong royong yang tinggi.

Masyarakat Desa Nakau Mayoritas atau kurang lebih 99% adalah pemeluk agama Islam, adapun mata pencarian masyarakat Desa Nakau terdiri dari bermacam-macam profesi diantaranya buruh harian lepas, Tukang dan pekerja bangunan, pemilik dan buruh industri batu bata, pedagang, dan banyak juga memiliki profesi sebagai Pegawai Negeri Sipil, anggota TNI dan anggota Polri.

PROPFIL POTENSI DESA

Desa Nakau secara umum memiliki potensi di bidang Perkebunan Sawit dan Industri Batu Bata, bahkan industri batu bata ini telah terdapat sejak lama berkisar tahun 1980 an. Sedang untuk perkebunan sawit masyarakat terdapat disebagian wilayah desa Nakau yang menjadi sumber pendapatan sebagian masyarakat Desa Nakau.

Khusus untuk Industri Batu Bata yang hingga saat ini masih menjadi sumber mata pencarian bagi sebagian masyarakat yang juga merupakan potensi utama yang saat ini terdapat di Desa Nakau. 

PROFIL SEJARAH DESA

Desa Nakau terletak di Kabupaten Bengkulu Tengah yang merupakan Gerbang Kabupaten Bengkulu Tengah yang berbatasan langsung dengan Kota Bengkulu. Desa Nakau adalah merupakan desa bentukan yang merupakan Desa Trans Voctra Polri yang di dirikan pada tahun 1975 dan di tetapkan sebagai desa Trans Voctra Polri pada tahun 1976 berdasarkan Surat Keputusan Kepala Daerah Kepolisian VI Sumatera Bagian Selatan Nomor. Pol. : SKEP/1166/X/1976 tanggal 1 Oktober 1976 tentang Penetapan Anggota Polri Untuk Melaksanakan Pemukiman di Daerah Bengkulu. Selanjutnya Desa Nakau di tetapkan sebagai Desa Definitif yang pada waktu di sebut Dusun Nakau yang ditetapkan berdasarkan Sidang Panitia Pemilihan Pamong Praja yang di ketuai Camat Talang Empat A. Syafri, BA yang tertuang dalam Surat Pamong Marga / Marga Prowatin XII Nomor 07/Pat/78 pada tanggal 11 April 1978. Selanjutnya Desa Nakau dipimpin oleh Depati pertama yaitu Bapak M. Niat.

Berdasarkan Surat Pamong Marga tersebut pada awalnya batas-batas Desa / Dusun Nakau adalah sebagai berikut ;

  1. Sebelah Selatan akan ditentukan kemudian hari dikarenakan berbatasan dengan Cagar Alam;
  2. Sebelah Utara Berbatasan dengan Dusun Lain dan Air Bengkulu (pada saat ini Desa Harapan Makmur)
  3. Sebelah Barat berbatasan pada KM 9 (Depan Pesantren saat ini)
  4. Sebelah Timur berbatasan pada KM 11 (Taba Pasemah)

Namun seiring waktu terjadi perubahan batas wilayah Desa Nakau Nakau sebagian masuk Wilayah kota yang bergeser pada saat ini di depan Sekolah Keterbakatan (Gerbang Kabupaten Bengkulu Tengah), sedangkan wilayah yang berbatasan dengan taba pasemah pada saat ini ada yang terambil oleh Desa Taba Pasemah (sebagian besar wilayah Perumnas Nakau Asri)

PROFIL SARANA PRASARANA DESA

Berdasarkan Sarana Prasarana Desa yang ada Desa Nakau memiliki beberapa Sarana dan Prasarana yang merupakan milik Desa  dan beberapa sarana yang merupakan milik Pemerintah :

Sarana-prasarana milik Desa :

 

Sarana Prasarana Milik Pemerintah

Sekolah Dasar Negeri No. 5 Bengkulu Tengah

business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

map Wilayah Desa

account_circle Aparatur Desa

share Sinergi Program

event Agenda


  • Belum ada agenda

insert_photo Album Galeri

assessment Statistik Desa

message Komentar Terkini

  • person guntoro

    date_range 09 April 2021 17:00:54

    mantap tetap semangat demi kemajuan desa [...]

contacts Info Media Sosial

Alamat : Jl. Raya Bengkulu Kepahiang KM. 10 Desa Nakau
Desa : Nakau
Kecamatan : Talang Empat
Kabupaten : Bengkulu Tengah
Kodepos : 38385
Telepon :
Email : desanakau@gmail.com

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini:30
Kemarin:241
Total Pengunjung:81.882
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:34.229.63.215
Browser:Tidak ditemukan

folder Arsip Artikel